Akan Melakukan Nano Ceramic Coating, Perhatikan Hal Berikut Ini

Nano ceramic coating merupakan salah satu jenis pelapisan mobil. Coating menggunakan bahan cairan dari keramik berukuran nano. Beberapa orang mengklaim jika pelapisan dengan bahan ini bisa membuat mobil tampil lebih kilap dan awet jika dibandingkan dengan pelapisan lainnya.

Sementara itu, selain ceramic coating, ada juga tipe perawatan lainnya. Pertama, ada tipe nano saja seperti nano sealant coating, yaitu jenis pelapisan menggunakan bahan dengan ukuran super kecil atau nano. Sementara itu untuk pelapisan keramik, bahan yang dipakai untuk melapisi terbuat dari keramik.

nano ceramic

Kedua jenis coating tersebut punya manfaat yang besar bagi kendaraan Anda. Meski begitu untuk jenis nano ceramic coating, punya manfaatnya sendiri. Pertama, jenis nano ceramic bisa membuat mobil jadi lebih tahan kepada goresan. Goresan sendiri biasanya muncul karena kendaraan dicuci dengan cara salah, atau karena kecelakaan.

Manfaat lainnya adalah membuat mobil lebih awet. Tidak bisa dipungkiri hal ini karena warnanya bisa terlindungi dengan adanya pelapisan. Apalagi jika pelapisan dilakukan dengan bahan premium dan dilakukan sampai dua kali pelapisan. Bahkan warna cat mobil bisa lebih hidup kembali.

Warna awal kendaraan juga terlihat kinclong dan seperti baru. Apalagi jika menggunakan bahan keramik. Pastinya tampilannya lebih kilap dan terlihat mewah. Asal hal ini dilakukan oleh teknisi handal dan bersertifikat. Sebab, proses ini tidak boleh asal apalagi dilakukan sendiri. Hasilnya bisa jelek bahkan gagal.

Kelebihan Pemakaian Nano Ceramic Coating

Ada banyak kelebihan yang bisa didapat jika melakukan perawatan ini. Pertama, pelapisan nano diklaim lebih awet jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Bahkan disinyalir bisa bertahan hingga puluhan tahun. Hal tersebut berbeda dengan pelapisan dengan waxing, di mana hanya bertahan selama beberapa bulan.

Selain itu, mobil jadi lebih awet. Bukan tanpa sebab, keramik akan membuat bodi tahan kepada kotoran. Maksudnya tahan di sini, air dan zat kimia tidak akan membuat kerak dan jamur. Bahkan air hujan juga akan meluncur indah pada bodi mobil. Padahal biasanya air akan membuat bercak di mobil.

Kelebihan lainnya, jika Anda menerapkan nano ceramic coating maka bodi mobil seperti pertama kali beli. Kilap dan kinclong akan langsung didapatkan setelah semua proses coating selesai. Dibandingkan yang lain, perawatan ini juga lebih detail dan menggunakan bahan yang premium.

Sementara itu, dalam pemakaian nano ceramic coating ini Anda harus melalui tahap panjang. Meski begitu, hal tersebut adalah hal wajar, mengingat hasilnya yang lebih bagus dibanding pelapisan jenis lainnya. Apalagi coating nano hasilnya lebih awet. Selain itu untuk beberapa orang biayanya juga cukup mahal.

Padahal, jika dilihat harga perawatan keramik nano sangatlah sesuai dengan hasilnya. Lalu, jika perawatan ini dilakukan oleh pihak abal-abal maka hasilnya jelek, karena kemungkinan belang dan berbercak. Sehingga Anda harus memilih salon yang tepat.

Perhatikan Tahapan saat Melakukan Nano Ceramic Coating

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa pelapisan jenis ini cukup lama. Ada beberapa tahapan dalam proses perawatan nano. Sebaiknya tahapan ini dilakukan oleh pihak ahli, agar hasilnya maksimal. Pertama, kendaraan akan dicuci terlebih dahulu.

Pencucian dilakukan supaya semua kotoran yang menempel bisa hilang, tahap ini penting agar bisa lanjut ke tahapan selanjutnya. Pencucian juga tidak dilakukan dengan asal. Pencucian dilakukan menggunakan formula khusus, selain itu menggunakan wash mitt sehingga tidak lagi muncul goresan.

Jika sudah maka tahapan selanjutnya dari nano ceramic coating, adalah penghilangan sisa kotoran yang susah. Caranya adalah dengan deep cleansing atau 3 langkah polish. Hal ini bisa membuat kerak serta jamur pada kendaraan musnah, selain itu, kaca juga dibersihkan secara menyeluruh agar terhindar dari kotoran.

Tahapan lainnya adalah exterior detailing. Prosesi tersebut akan membuat seluruh kotoran pada celah mobil bisa hilang tak berbekas. Jika sudah, mobil akan di coating. Pada langkah ini, suhu ruangan harus kisaran 20 derajat, dan dilakukan di tempat tertutup. Jika sudah, maka teknisi akan mengecek seluruh pengerjaan.

Proses Nano Ceramic Coating bisa Menjadi Sempurna

Beginilah tahapan nano akan berproses. Pertama, Anda harus tahu dahulu jika pelapisan jenis nano kerjanya seperti kertas berwarna putih yang lantas di laminating. Lalu, ditambahi dengan lapisan bertekstur keras di atas kertas tadi. Nah, lapisan ini bisa bertahan, asalkan laminating tersebut tidak rusak.

Nano ceramic coating sendiri terdiri dari lapisan nano tipis sekali. Lapisan ini bisa dilihat dengan jelas, bahkan tembus pandang. Ukurannya sangat amat kecil, karena dibuat menggunakan teknologi tinggi dari sebuah cairan kimia premium berkualitas tinggi.

Jadi, setelah proses pelapisan maka cairan nano ini masuk ke dalam pori-pori terdalam dari cat. Lalu dia bisa mengeras, setelah itu terbentuklah lapisan baru pada bodi kendaraan Anda.  Tentu saja di atas cat bodi mobil. Hal inilah yang membuat bodi seperti keramik dengan tampilan kilap.

Nano keramik ini dibuat dari bahan silica. Bahan ini terbukti cukup rapat sebab, seperti yang dijelaskan sebelumnya, ukurannya kecil sehingga lebih merasuk lagi ke bagian bodi kendaraan. Hal ini membuat kotoran, air, serta zat kimia sangat sulit masuk ke dalam jadi bodi cat lebih awet.

Selain itu, nano ceramic ini setelah dipasang akan mengeras. Untuk itulah waktu pengerjaannya bisa sampai 3 harian, khususnya bagi mobil lama, atau pernah terpakai. Namun, jelas hasilnya akan awet hingga puluhan tahun.

Pantangan Setelah dilapisi Nano Ceramic Coating dari Salon Berkualitas

Jika Anda sudah melakukan semua tahapan dari perawatan tadi. Maka ada baiknya lakukan perawatan berikut, agar lebih awet lagi. Pertama, jangan mengamplas bagian bodi kendaraan. Hal ini bisa membuat pelapisan terkelupas, bahkan menghilang. Apalagi jika dilakukan sendiri.

Larangan lain jika sudah melakukan pelapisan nano ceramic coating maka dilarang keras, memoles bodi mobil dengan cat. Apalagi jika dilakukan sendiri. Sebab, sudah pasti pelapisan nano rusak dan menghilang begitu saja. Lakukan penyervisan di salon yang tepat. Berikut ada beberapa tipsnya.

Pertama, pilihlah salon dengan garansi hingga 1-2 tahun. Sehingga tidak perlu lagi keluar dana besar untuk melakukan recoating. Tentu hal ini lebih irit dan terjangkau.

Jangan asal memilih tempat pelapisan. Pilihlah salon dengan teknisi handal. Anda bisa mencari tempat dengan teknisi yang bersertifikasi. Hal ini sangat penting sebab, human error mungkin terjadi, dan jika terjadi kemungkinan hasilnya jelek bahkan yang paling sering adalah tidak merata dan membuat mobil justru aneh.

Tips lainnya, pilih tempat dengan kualitas yang jelas. Hal ini bisa Anda cari dengan cara bertanya kepada teman atau saudara. Selain itu, biasanya tempat yang berkualitas punya banyak cabang, membuktikan jika sudah banyak digunakan customer dari banyak daerah.

Salah satu salon dengan berbagai keunggulan tersebut adalah Scuto. Pada tempat ini, selain mempunyai keunggulan, kami juga memberikan pelayanan gratis dalam membersihkan interior. Anda juga bisa melakukan home service dengan salon Scuto kami. Hubungi nomor kami untuk melakukan nano ceramic coating pada mobil Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *